Menindak lanjuti kerjasama Universitas Cenderawasih dengan  University of Rhode Island(URI) Amerika Serikat tentang rencana pendirian Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, delegasi URI, Mr.Brook selaku Direktur bisnis dan education partnerships, Asia Indonesia partnership  didampingi oleh yang mewakili Pemda, Kepala Badan Pengembangan SDM Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP., M.Eng dan Tim pendiri FPIK hadir di Uncen (Senin,9/3). Kehadiran rombongan   disambut oleh Rektor dan Pembantu Rektor IV.

Pembicaraan diawali dengan penyampaian informasi dari Ketua Jurusan Perikanan dan Kelautan FMIPA-Uncen, John Kaloor, yang mengatakan bahwa proposal pendirian FPIK  sudah selesai dibuat sesuai dengan hasil diskusi terakhir yang telah dibangun bersama dengan Dekan Lingkungan dan Ilmu Pengetahuan  URI, John D Kirby beberapa waktu yang lalu. Selanjutnya proposal tersebut telah dibagikan ke beberapa pejabat  pemda (Gubernur dan DPRP). yang dianggap sangat  berwenang untuk mendukung pendirian Fakultas FPIK.

Selanjutnya Rektor, Dr.Ir.Apolo Safanpo, S.T.,M.T., mengingatkan  tim untuk melihat kembali dan mencatat /menginvetarisir segala sesuatu yang dibutuhkan untuk pendirian fakultas. Jika persyaratan sudah tercatat dengan baik Rektor meminta agar tim segera mendaftarkan usulannya secara online ke Direktorat Kelembagaan Kemendikbud.

Tak lupa beliau mengapresiasi pihak URI dan Pemprov yang  terus memberikan perhatian dan sangat  mendukung berdirinya Fakultas Perikanan Uncen. Oleh sebab itu baik Rektor maupun Pembantu Rektor IV, berharap agar tim boleh bekerja lebih keras dan lebih bersungguh-sungguh agar fakultas ini segera berdiri.

Pada kesempatan yang sama perwakilan dari URI, Mr.Brook, mengatakan bahwa pihaknya selalu siap mendukung pendirian fakultas dan bila ada dokumen yang perlu untuk diusulkan ke pihak Dikti beliau siap untuk menyampaikannya. (RA)

Leave a Reply