Pembagian rapor capaian kinerja per triwulan merupakan program yang dilaksanakan oleh Menteri Riset, Tekonologi, dan Pendidikan Tinggi untuk memantau dan mengevaluasi program kerja yang telah dilakukan oleh setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pada triwulan II tahun 2019, capaian nilai Universitas Cenderawasih yang diterima Rektor berwarna hijau dengan nilai 92,93 dan mendapatkan predikat baik.

Sumber : https://simonev.ristekdikti.go.id

Dalam rapat yang diadakan pada rabu (25/7/2019) dilakukan paparan, pemantauan, dan evaluasi. Pemaparan hasil pemantauan dan evaluasi program anggaran dihadiri oleh tim dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Yudho Baskoro selaku kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi program anggaran Kemenristekdikti, Sigit Hananto dan Vebby Rolio P, dalam rapat tersebut dihadiri juga oleh pimpinan unit kerja serta para Kabag dan kasubbag Rektorat Universitas Cenderawasih. Kehadiran tim dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bertujuan untuk mengevaluasi dan memverifikasi pelaporan capaian kinerja dalam SIMonev TA 2019.

Baca Juga: Materi Rapat Kerja Universitas Cenderawasih Tahun 2019

Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Ir. Apolo Safanpo ,ST., MT  dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran Tim pemantauan akan menyampaikan hasil capain Universitas Cenderawasih sekaligus menyampaikan bagaimana tata cara pengisian data pada SiMonev yang dapat membantu dan mempermudah pimpinan Universitas, pimpinan unit sekaligus membantu Menteri dalam pemantauan dan evaluasi  program setiap triwulan dan setiap tahun. Selanjutnya beliau menginformasikan bahwa pada bulan Oktober Menteri akan melakukan pemantauan dan evaluasi untuk triwulan III  sedikit berbeda dari yang biasanya karena pada bulan Oktober merupakan akhir masa jabatan Menteri dan pada laporan triwulan III akan disampaikan sekaligus dengan laporan akhir jabatan (2014 -2019) sehingga Universitas Cenderawasih harus turut membantu Menteri dalam pengisian data pelaporan kinerja.

Terlepas dari rapor hijau yang diterima oleh Universitas Cenderwasih, masih ada beberapa indikator yang masih belum tercapai secara maksimal hal tersebut diungkapkan oleh Yudho Baskoro dalam rapat   “Capaian Kinerja Uncen pada Triwulan II,  total nilai 92,93 namun masih ada beberapa indikator yang belum mendapatkan hasil yang maksimal yaitu hasil realisasi Output dan deviasi capaian output masih mendapat nilai 82,33 dan 82,32 dan angka ini masuk dalam kategori kuning”, katanya.

Beliau berharap pada triwulan III semua indikator bisa berwarna hijau. Untuk  memperoleh hal tersebut kerjasama dan koordinasi harus ditingkatan antar unit kerja sehingga data-data yang dibuat unit kerja dapat segera dilaporkan ke Tim Monev Universitas Cenderawasih untuk diproses. Dalam rapat tersebut juga Yudho Baskro memberikan apresiasi kepada Universitas Cenderawasih yang berhasil mendapatkan kategori hijau dengan nilai 100 untuk  pelaporan perjanjian kinerja karena dibeberapa Perguruan Tinggi lain, masih ada yang mendapat kategori merah.

Baca Juga: Rapat Kerja Universitas Cenderawasih Tahun 2019

Kunjungan tim juga sekaligus menanyakan kesiapan Universitas Cenderawasih dalam pelaksanaan PON tahun2020 baik dari segi sarpras yang dimiliki juga kesiapan SDM (dosen dan mahasiswa). (RA)

Leave a Reply